-->

MASUK AKAL, TAPI TIDAK BENAR

Oleh : Ustadz Choirul Anam

Gambar tentang asal usul dinosaurus di bawah sangat masuk akal. Tahapannya dijelaskan dg sangat jelas dan sangat logis. Tetapi tentu saja tidak benar.

Sesuatu yg masuk akal atau logis, memang belum tentu benar. Dan sebaliknya, sesuatu yg benar terkadang belum tentu masuk akal atau logis, karena keterbatasan akal.

Benar itu memiliki ukuran dan standar sendiri.

Saat dikatakan, bahwa kehidupan dijalani oleh masyarakat, oleh karena itu biar masyarakat sendiri yg membuat aturan. Inilah demokrasi. Hal ini mmg masuk akal, tetapi tentu saja tdk benar.

Kekuasaan itu cenderung korup, karena itu agar tdk korup, maka kekuasaan harus dibagi2. Inilah yg memunculkan trias-politika. Hal ini masuk akal, tetapi tentu saja tidak benar. Buktinya, di negara yg menganut sistem trias-politika, korupsinya juga sgt tinggi.

Jadi, masuk akal mmg blm tentu benar. Hal ini terjadi, karena suatu hal tdk hy dipengaruhi satu variabel saja, tetapi sgt kompleks dg byk sekali variabel.

Hanya Allah yg tahu hakikat sesuatu dg sebenar-benarnya. Karena itu, kebenaran yang hakiki hanya bisa dicapai dg mengikuti petunjuk Allah swt. Petunjuk Allah adalah Islam itu sendiri.

Di dalam Islam, sebagian hal mmg masuk akal, tetapi sebagian lagi tak masuk akal. Sebab, akal manusia mmg memiliki keterbatasan.

Wallahu a'lam.  

0 Response to "MASUK AKAL, TAPI TIDAK BENAR"

Post a Comment