-->

Bantuan Rp2,3 Triliun untuk Pesantren Diluncurkan di Karawang


 

Pemerintah Pusat mengucurkan bantuan untuk pesantren se-Indonesia. Bantuan tersebut diluncurkna di pondok pesantren At Tarbiyah, Desa Ciwulan, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang.

“Jadi bantuan ini bukan se-Jawa Barat tapi 16.000 pesantren se-Indonesia,” terang Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari saat menghadiri acara yang digelar Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Indonsesia, Sabtu (8/8).

Pria yang akrab disapa Jimmy ini menuturkan, bantuan tersebut atas inisiasi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dikataknanya, dari sekitar Rp485 triliun APBN, Rp2,3 triliun akan digelontorkan untuk menunjang kegiatan pesantren.

Adapaun untuk Karawang sendiri saat ini baru diajukan 38 pesantren untuk mendapatkan bantuan tersebut. Masih ada kemungkinan penambahan data pesantren di Karawang untuk mendapat bantuan yang rencananya akan direalisasikan dalam 2 minggu kedepan.

Ia menjelaskan bantuan ini untuk menunjang 3 kegiatan pesantren selama pandemi corona. Kegiatan pertama ialah recovery ekonomi pesantren. Kegiatan kedua adalah mengaji berbasis digital. Adapun Kegiatan ketiga adalah persiapan pesantren di era new normal.

“Bansos buat rakyat yang harusnya sebulan sekali saja baru 1 bulan diserap,” jawabnya saat ditanya mengenai stimulus Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk pesantren.

Menyikapi bantuan ini, ia menilai hal tersebut sebagai bentuk perhatian wakil presiden kepada para ajengan dan kiyai. Ia juga berterimakasih kepada MP3I yang membaca peluang tersebut sampai akhirnya peluncuran prograam bantuan dapat dilaksanakan.

“Mudah-mudahan niatan suci dan tulus dari MP3I ini bisa segera direalisasikan di Jawa Barat pada umumnya, dan khususnya di Kabupaten Karawang tercinta,” tutupnya. (din/raka)

0 Response to "Bantuan Rp2,3 Triliun untuk Pesantren Diluncurkan di Karawang"

Post a Comment