-->

SHOLAT JUMAT (PERDANA) DI MASJID HAGIA SOPHIA (TURKI) PASCA 86 TAHUN MENANTI !


 


© Yuli S Ridwan, S.H.

Alhamdulillah..
Setelah 86 tahun lamanya menanti pasca tersandera sebagai museum, hari Jumat 24 Juli 2020 ini, seluruh dunia akhirnya menyaksikan padatnya jamaah hadir untuk sholat jumat "perdana" di area masjid Hagia Sophia di kota Turki.

Masjid Hagia Sophia, bukan sekadar masjid yang indah arsiteksturnya, tapi Hagia Sophia adalah masjid fenomenal warisan Sultan Muhammad Al Fatih untuk kaum Muslimin, pasca memfutuhat wilayah Konstantinopel 1453 M.

Betapa bersyukur dapat menyaksikan momentum bersejarah, masjid Hagia Sophia kembali berfungsi sebagai sebenar-benarnya masjid, untuk tempat beribadah sholat, dakwah, musyawarah, wasilah tholabul ilmi, dan untuk mempererat silaturrahim sesama Muslim dari seluruh penjuru dunia. Saling berpesan amar ma'ruf wa nahi munkar.

Memang banyak kalangan dari barisan musuh-musuh Islam yang sempat kecewa atas pidato Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang mengumumkan ke publik bahwa status bangunan Hagia Sophia kembali berfungsi sebagai sebenar-benarnya masjid, pada Jumat, 10 Juli 2020.

Dari kekecewaan musuh-musuh Islam tersebut, semakin memperlihatkan tabiat asli musuh-musuh Islam, bahwa mereka memang tidak suka melihat kaum Muslimin bersatu dalam barisan yang rapi membela ajaran Islam dan simbol-simbol Islam.

Untuk itulah, barisan kaum Muslimin juga harus semakin solid fii sabilillah, melangkah menuju zaman khilafah, untuk melanjutkan kehidupan Islam. Meskipun musuh-musuh Islam selalu berusaha menghadang. Allah Swt pasti menolong kaum Muslimin.

Allah Swt Swt menegaskan:
Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata: "Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah," (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).(TQS. At-Tawbah:59)

Rasulullah Saw sudah mengabarkan bahwa setelah futuhat Konstantinopel, selanjutnya adalah kota Roma.

Mari bekerjasama satu sama lainnya untuk urusan dinullah Islam ini, dengan berharap pertolongan Allah Swt dan ridho-Nya. []

Darussalam, Banda Aceh.
24 Juli 2020 | 23:32 WIB.

0 Response to "SHOLAT JUMAT (PERDANA) DI MASJID HAGIA SOPHIA (TURKI) PASCA 86 TAHUN MENANTI !"

Post a Comment