-->

Resume Kajian AMPUH: Membangun Iman yang Produktif


 


Islam pernah mengubah bangsa arab yang mulanya merupakan bangsa yang tertinggal dan tidak diperhitungkan. Menjadi bangsa yang memimpin peradaban dunia.

Disaat yang berbeda. Islam yang sama yang saat ini dianut oleh 1.7 milyar lebih umat manusia tidak menampakan hasil yang sama seperti generasi sebelumnya.

Ummat Islam saat ini menjadi ummat yang tertinggal, terpuruk dan dikuasai orang - orang kafir di berbagai aspek kehidupan. Islampun tenggelam dari kancah percaturan politik dunia.

Bahkan yang lebih parah lagi, jangankan menjadi rahmat untuk semesta alam. Rahmat bagi kaum muslimin sendiripun tidak terwujud.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan ummat ini? Lalu bagaimana agar Islam yang sama, Islam yang pernah mengubah bangsa arab menjadi pemimpin dunia mampu mengubah ummat Islam saat ini agar mampu memimpin dunia kembali?

Berikut ulasan dari Ustaz Abu Fauzan Al Anshory dalam kajian Online Aliansi Muslim Peduli Ummah (AMPUH).

Pertama, karena ummat Islam tidak menggunakan akidah Islam sebagaimana mestinya.

"Akidah Islam yang dianut ummat Islam tidak difungsikan sebagaimana mestinya"

Kedua, hilangnya ikatan antara akidah Islam dan sistem Islam. Sehingga akidah Islam hanya menjadi pemikiran tanpa penerapan.

Ketiga, akidah Islam tidak dijadikan sebagai ikatan untuk menyatukan manusia. Sehingga ummat Islam yang jumlahnya milyaran tidak memiliki kekuatan. Mereka terkotak-kotak dalam ikatan nasionalisme dan dengan mudah dikuasai musuh.

Maka untuk membangkitkan ummat Islam agar mampu memimpin peradaban dunia seperti generasi sebelumnya adalah dengan cara memfungsikan akidah Islam sebagaimana mestinya.

Pertama, akidah Islam harus ditempuh melalui metode aqliyah atau proses berfikir yang mendasar.

"Kebangkitan yang hakiki adalah ketika terjadi peningkatan taraf berfikir ummat dalam menjalani kehidupan yang dibangun berdasarkan landasan berfikir menyeluruh yakni akidah aqliyah"

Kedua, seperangkat aturan yang lahir dari akidah aqliyah tersebut harus diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan manusia.

Dan yang ketiga, akidah Islam harus menjadi ikatan yang menyatukan ummat Islam. Sehingga ummat Islam menjadikan kuat dalam satu kepemimpinan seorang Khalifah.

Wallohu a'lam.

0 Response to "Resume Kajian AMPUH: Membangun Iman yang Produktif"

Post a Comment