-->

Halqoh: Methode Pembinaan Rosul untuk Membangkitkan Generasi





Disukai atau tidak fakta saat ini menunjukkan generasi ummat masih dalam keterpurukan. Meskipun sudah ada upaya untuk membangkitkan, namun sampai masih belum berasil. Sehingga negeri - negeri kaum muslimin masih menjadi negara pembebek imperialis.

Suatu yang sangat bertolak belakang dengan generasi awal ummat ini. Dimana generasi para sahabat yang dibina oleh Rosullah menjadi generasi yang mampu menjadi pemimpin peradaban dunia.

Lalu apa rahasia kesuksesan Rosullah dalam membina para sahabat? Halqoh. Ya jawabannya adalah halqoh.

Seperti yang disampaikan oleh Ustaz Abu Fauzan dalam kajian online yang diselenggarakan oleh Aliansi Muslim Peduli Ummah (AMPUH). beliau menjelaskan bahwa kunci sukses Rosulullah dalam mencetak generasi yang unggul dan produktif adalah dengan halqoh.

" Untuk membangkitkan generasi saat ini tidak ada cara lain selain mencontoh cara Rosulullah saw. Yaitu dengan pembinaan-pembinaan".

Dalam pembinaan atau yang sering disebut dengan istilah halqoh, Rasulullah saw senantiasa menyentuh pemikiran mereka. Sehingga akidah para sahabat adalah akidah yang diperoleh melalui proses berfikir.

Berikutnya dalam pembinaan Rosulullah juga mengajarkan para sahabat untuk selalu mengaitkan antara akidah dengan ketaatan terhadap hukum syara. Sehingga pola pikir para sahabat selalu berlandaskan aqidah Islam dan perbuatan mereka selalu terikat dengan hukum syara'.

"Rosulullah mengajarkan keterkaitan antara akidah yang difahami dengan ketaatan".

Agar generasi ummat ini mampu bangkit maka harus ada pembinaan seperti yang dilakukan Rosulullah saw. Pembinaan yang mengajarkan pola pikir Islam dan pola sikap Islam.

Sehingga terbentuk generasi dengan kepribadian Islam yang produktif dan siap mengemban Islam ke penjuru dunia sebagai mabda yang harus diterapkan.

0 Response to "Halqoh: Methode Pembinaan Rosul untuk Membangkitkan Generasi"

Post a Comment