-->

HAGIA SOPHIA DAN CAHAYA KEMENANGAN ISLAM


 


Oleh: Muhammad Raziq Paranto | Siswa STP SD KU Kranggan Tingkat Dasar

Guys, presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah mengubah fungsi Hagia Shopia menjadi masjid. Dia mengatakan, sholat Jumat di Hagia Shopia Istambul akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli nanti. Allahu Akbar!!!

Tindakan Erdogan ini, menuai pro dan kontra dunia Internasional, banyak negara yang mendukungnya, khususnya Arab Saudi dan negara Timur Tengah.

Tapi, negara negara Barat dan Eropa Timur, seperti Rusia, Amerika, Yunani, dan negara Eropa lainnya, mengecam tindakan Erdogan yang membatalkan keputusan kabinet Presiden Turki tahun 1934,tentang Hagia Shopia, apalagi Paus Fransiskus yang tertekan dengan keputusan ini.

Padahal Hagia Shopia telah berfungsi sebagai masjid selama 13 abad. Puyeng amat kayaknya si Paus satu ini!

HAGIA SOPHIA DAN CAHAYA KEMENANGAN ISLAM

Buat kamu yang gak tau apa itu Hagia Shopia, pantengin terus tulisan ini guys!

Hagia Shopia dulunya adalah sebuah katedral besar dan termegah sepanjang sejarah Kekaisaran Byzantium. Altar- altar dan salibnya dilapisi emas dan berhiaskan permata, disana juga dipajang lukisan Bunda Maria yang menggendong Yesus, lukisan inilah yang menjadi penyebab kemenangan pasukan Byzantium ketika pengepungan Konstantinopel oleh pasukan Bani Umayyah.

Hagia Shopia pun akhirnya dirampok oleh pasukan Katholik Roma pada perang salib keempat. Sejak itu, gereja ini menjadi sangat sederhana, sebelum akhirnya berhasil ditaklukkan oleh pasukan Utsmani pimpinan Muhammad Al Fatih pada tanggal 29 Mei 1453. Konstantinopel diganti namanya menjadi Istambul.

Hagia Shopia pun jatuh ke dalam pangkuan Islam, dan berfungsi sebagai masjid selama 13 abad. Allahu Akbar!!

Nah, celakanya, ketika khilafah utsmani runtuh pada tanggal 3 Maret 1924, oleh Musthafa Kemal Attaturk, agen Inggris keturunan Yahudi. Kemal memerintahkan menghapus permanen ajaran agama Islam di Turki, mengubah bahasa Arab menjadi bahasa Turki.

Bahkan perintah yang lebih extrim tingkat dewa adalah: Kemal Attaturk memerintahkan melarang nama nama berbau Islam, dan mengubah adzan dan Al Quran menjadi bahasa Turki. Bagi yang ngotot dan masih memakai adzan bahasa Arab, Kemal memerintahkan untuk membawa orang itu ke tanah lapang dan Kemal menggantung orang itu di tanah lapang dan disaksikan rakyat Turki. Hiiy, sadis!

Kemal pun memerintahkan agar adzan dalam bahasa Turki ini dikumandangkan selama selama 18 tahun. Akhirnya, setelah 18 tahun berlalu, adzan boleh memakai bahasa Arab kembali.

Sampai pada Jumat, 10 Juli 2020, Erdogan telah mengubah fungsi Hagia Shopia menjadi kembali, setelah dijadikan museum selama 86 tahun. Allahu Akbar!!!

Nah, dari pemaparan yang panjang tadi, harusnya pemuda dan pemudi muslim yang harus melanjutkan perjuangan itu. Sahabat Nabi, Abu Ayyub Al Anshari dan Muhammad Al Fatih telah mewujudkan bisyarah Rasulullah, yaitu takluknya Konstantinopel.

Tinggal kita yang melanjutkan bisyarah Rasulullah kedua, yaitu takluknya kota Roma di tangan ummat Islam . Takbir!!!

KHATIMAH

Dari sinilah kita semua tau bahwa pemuda dan pemudi muslim harus melengkapi bisyarah Rasulullah ini. Karena, takluknya kota Roma di tangan di tangan ummat Islam adalah pembuka bagi tersebarnya Islam ke seluruh dunia.

Allahu Akbar!!!!!

0 Response to "HAGIA SOPHIA DAN CAHAYA KEMENANGAN ISLAM"

Post a Comment