-->

BURUNG GAGAK HITAM YANG DIMULIAKAN ISLAM


 

Oleh : Ust. Miftah el-Banjary, MA

Dulu, orang-orang Musyrikin Makkah pernah mengolok-olok budak hitam legam, seperti Bilal bin Rabbah yang mengumandangkan adzan di Ka'bah dengan mengatakan, "Beruntung Bapakku tidak menyaksikan burung gagak hitam yang bertengger di atas Ka'bah."

Maksud dari "Burung Gagak Hitam" itu ungkapan untuk menghinakan Bilal bin Rabbah; seorang budak hitam legam yang dianggap hina dina dan tidak pantas mendapatkan tempat pada posisi apa pun secara sosial di masyarakat.

Namun, Islam datang membawa prinsip egaliterian, ajaran tentang persamaan hak dan derajat kemanusiaan, nilai-nilai rahmatan lil 'alamien yang membumi, sehingga budak hitam legam yang hina sekalipun diangkat derajatnya sebagai manusia terhormat.

Bahkan, Islam memberikan kehormatan bagi Bilal bin Rabbah sebagai pengumandang adzan pertama kali dalam sejarah Islam yang menyeru manusia untuk memenuhi panggilan Allah.

Bilal bin Rabbah; budak hina yang kemudian dimuliakan oleh Islam sebagai seorang sahabat mulia yang ditunggu suaranya setiap kali kaum muslimin akan menunaikan kewajiban shalat 5 waktu sepanjang masa hidup Rasulullah Saw.

Begitulah penghargaan Islam terhadap Human Right semenjak abad ke-7 masehi yang lalu.

Sedangkan di Barat sampai abad ke-20 atau tepatnya pada tahun 1948, diskriminasi serta rasisme terhadap perbedaan warna kulit dan ras masih tetap berlangsung.

Adalah George Mc Laurin; seorang mahasiswa orang kulit hitam pertama yang diizinkan kuliah di Universitas Oklahoma itu pun dengan syarat harus duduk menjauh dari orang-orang kulit putih.

Upaya perjuangan terhadap penghapusan diskriminasi antara ras kulit hitam dan kulit putih baru diupayakan di abad ke-20 beberapa puluh tahun kemarin.

Salah satunya, setelah pidato Nelson Mandela yang menuntut dunia terhadap adanya persamaan hak-hak asasi kemanusiaan.

Nelson menjadi Presiden di Afrika Selatan pada tahun 1994 hingga 1999 setelah menjalani berbagai rintangan serta hukuman penjara sekitar 27 tahun.

Jadi, bicara tentang kesamaan hak-hak asasi manusia, Islam jauh lebih dahulu menerapkan semenjak hampir 14 abad yang lalu. Lantas, dengan demikian rasisme ajaran siapa?

0 Response to "BURUNG GAGAK HITAM YANG DIMULIAKAN ISLAM"

Post a Comment