-->

Wacana Pemangkasan Gaji Guru di tengah Pandemi

 
Oleh.Hana Annisa Afriliani,S.S
(Aktivis Dakwah dan Penulis Buku)

Sejumlah guru Tenaga Harian Lepas (THL) di Kota Tangerang resah, bagaimana tidak, wacana pemangkasan gaji mereka telah menyeruak. Tak tanggung-tanggung, menurut informasi yang beredar, gaji mereka akan dipangkas sampai 50%. (Bantennews.com/02-05-2020)

Jika memang wacana itu benar adanya, sungguh akan mengancam nasib para guru THL ke depannya. Apalagi di tengah kepungan wabah seperti saat ini, pemangkasan gaji jelas akan semakin menambah derita. Jika dalam kondisi normal saja, gaji guru THL tak mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi di tengah pandemi dengan gaji dipangkas pula.

Wacana tersebut jelas semakin menambah daftar panjang ruwetnya pemeliharaan negara terhadap rakyatnya di masa pandemi ini. Bukan mengeluarkan rakyat dari kesulitan, namun justru semakin menambah kesulitan. Beginikah watak negara berbasis sekularisme kapitalis ketika mengurusi rakyatnya?

Alangkah berbeda dengan negara yang berbasis penerapan syariat Islam kaffah, serius dan bersungguh-sungguh dalam menciptakan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakatnya. Terlebih di masa pandemi, Khilafah akan berupaya secara efektif melakukan berbagai langkah untuk mengeluarkan masyarakat dari krisis. Mulai dari menjamin kebutuhan hidup mereka dengan dana yang diambil dari baitul mal, yakni dari pos pengelolaan harta kepemilikan umum.

Jelaslah, pemangkasan gaji guru THL di masa pandemi ini merupakan sebuah bentuk kezaliman pemerintah terhadap rakyatnya. Selain tidak menghargai jasa guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, juga tidak memikirkan nasib rakyat sebagai orang yang berada di bawah tanggungannya. Beginilah cacat sistem kapitalisme, yang telah nyata gagal menyejahterakan rakyatnya, baik di masa normal apalagi di masa pandemi.

Sudah saatnya umat melirik sistem pemerintahan berbasis penerapan syariat Islam secara kaffah, yakni khilafah Islamiyah. Karena khilafah terbukti mampu menyelesaikan segala permasalahan rakyat secara efektif dan efisien. Sehingga rakyat hidup sejahtera di bawah naungannya. Wallahu'alam.

0 Response to "Wacana Pemangkasan Gaji Guru di tengah Pandemi"

Post a Comment