-->

HIMBAUAN LEMBAGA FATWA MESIR


Himbauan dari Lembaga Fatwa Mesir (Dar al-Ifta al-Mishriyyah) seputar pandemik virus corona yang kini mendunia.

Pertama, diharapkan setiap muslim tidak boleh terlalu ketakutan dan panik berlebihan menghadapi berbagai ujian yang menimpa diri dan lingkungannya. Namun, harus selalu berbaik sangka pada Rabb-nya Sang Maha Pencipta yang Maha Suci, serta meyakini sepenuh hati Allah Azza wa Jalla pasti akan menyelamatkan kita dari bencana ini.

Kedua, jika seorang mukmin tertimpa ujian ini, maka harus bersabar serta mengupayakan sebab kesembuhan. Kesabarannya menghadapi musibah ini akan menjadi sebab dihapuskannya dosa dan diangkat derajatnya di sisi Allah.

Ketiga, seorang muslim dalam kondisi musibah dan bencana seperti ini, harus senantiasa berdzikir dan terus berdoa. Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kepada kita doa berikut:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya.” (HR. Ahmad).

Dibaca tiga kali pagi dan petang, maka siapa yang berdoa seperti ini, semoga tidak terkena sedikitpun bencana, insyaAllah.

Keempat, seorang muslim wajib melakukan berbagai cara melindungi dan menjaga kesehatannya sesuai prosedur yang diberlakukan pihak terkait atau berwenang. Aktivitas ini termasuk perbuatan ihsan, Allah berfirman:

وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ 

"Dan janganlah menjatuhkan diri kalian sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-Baqarah: 195).
(YSP)

0 Response to "HIMBAUAN LEMBAGA FATWA MESIR "

Post a Comment