-->

CORONA DAN MASA DEPAN DUNIA


© Doni Riw

Jika Phisical Distancing akibat Covid-19 ini berjalan cukup lama, bisa jadi akan mengubah pola hidup manusia.

Ketika kehidupan di luar semakin berbahaya, pencemaran udara makin membahana, kriminalitas kian tinggi, beragam virus  mengintai, maka rumah adalah tempat sembunyi yang paling sempurna.

Bekerja di rumah, sekolah di rumah, berbisnis di rumah. Makin sedikit aktivitas di luar rumah. Selanjutnya, distruption gelombang dua melanda.

Sejumlah bisnis yang kemaren masih bertahan dalam gelombang distrupsi tahap satu, akan kandas di tahap dua.

Restoran mungkin akan butuh lebih banyak armada delivery ketimbang meja kursi. Sekolah mungkin akan butuh lebih banyak quota internet ketimbang ruang kelas. Entah bisnis apa lagi yang akan sirna, dan entah bisnis baru apa lagi yang akan menjamur.

Kala dukhon melanda, kemudian dajjal berkeliling dunia, menebar pesona ke kota anda, maka bersembunyi di rumah adalah pilihan utama jika tak bisa pindah ke haramain.

Ketika esok diseru untuk menjauhi dajjal, mungkin akan banyak yang bilang; "Kami punya iman, takut itu pada Allah, bukan pada dajjal"

Hari ini kita mungkin sedang dilatih Allah untuk mampu melewati masa itu.

Perubahan zaman terus merangkak. Sementara kehidupan harus terus berjalan. Nafkah keluarga harus terus diupayakan. Tapi keadaan tak lagi sama seperti dulu. Keimanan harus terus di pertajam. Tapi kondisi tak semudah sebelumnya.

Saatnya kita berdiri memasang kuda-kuda. Semua bisa berubah dalam sekejap mata. Waspada dan amati semua fenomena yang terjadi.

Gesit menelusup di antara celah-celah perubahan. Status quo dan harga mati akan hancur berantakan. Seperti Nokia yang dulu tumbang saat mengharga matikan symbian.

Dalam kondisi seperti ini, kombinasi kecerdasan dan iman adalah senjata tak terkalahkan.

Persiapkan dirimu bung. Sang Pencipta sedang memulai proses perubahan besar peradaban.

Jogja 25320
@doniriw
t.me/doniriw_channel
fb.me/doniriwchannel
.
#coronadanperubahandunia #doniriw

0 Response to "CORONA DAN MASA DEPAN DUNIA "

Post a Comment