-->

Rusia Pun Pernah Bertekuk Lutut


Barangkali, inilah yang membuat Recep Tayyip Erdogan tidak begitu takut dengan kebijakan dan kekuatan Vladimir Putin pemimpin Rusia itu. Bahkan dalam banyak sekali kesempatan, Erdogan memang sengaja menampilkan sosok dirinya mewakili bangsa Turki yang bisa berdiri sejajar dengan negeri Beruang Merah itu, dan berani mengkritik kebijakan Rusia sekaligus merangkulnya.

Sebab ternyata, kita pernah punya sejarah hebat berkali-kali memenangkan jihad melawan nenek moyang Rusia. Kekhalifahan Utsmaniyah selama rentang usianya banyak sekali berhadapan dengan kekuatan Kekaisaran Rusia, dan bahkan menjadi kekuatan superpower yang disegani oleh negara-negara Eropa.

Salah satu saksi sejarah yang sangat jarang dibahas dan nyaris hilang dari memori adalah kemenangan Pasukan Muslimin yang dipimpin oleh Omar Pasha atas pasukan Rusia di Pertempuran Eupatoria (Штурм Евпатории/Gözleve Muharebesi)

Saat itu Kekhalifahan Utsmaniyah sedang tegang dengan Kekaisaran Rusia. Wilayah Krimea yang saat ini menjadi bagian Ukraina pernah diperebutkan antara dua kekuatan besar itu. Pasukan Muslimin sudah menyebrang dari Sungai Danube dan ingin mengamankan markas penting kota Eupatoria, wilayah strategis yang dengan menguasainya, maka Krimea akan mudah ditaklukkan.

Singkat kisah, kedua pasukan bertemu di Eupatoria dengan perbekalan yang maksimal masing-masingnya. Rusia dipimpin oleh seorang jenderal senior, Stepan Khrulev, membawa 30 ribu tentara, begitupun Pasukan Utsmaniyah juga terdiri dari sekitar 30 ribu mujahid.

Meletuslah pertempuran selama 3 jam dan Rusia mengalami kekalahan telak hingga kehilangan 2500 tentaranya. Saat itu, panglima kaum Muslimin bernama Omar Pasha, seorang muallaf yang berdarah Austria, kemudian menjadi salah satu pemimpin militer terbaik Kekhalifahan Utsmaniyah yang menundukkan kekuatan Rusia.

References :
1. Blake, R. L. V. ffrench, The Crimean War(Sphere Books; London: 1973)
2. Barham, John, Bono, Johnny Turk

Gen Saladin | @gen.saladin | t.me/gensaladin

#TodayinHistory #islamichistory #sejarah #sejarahislam #muslimharustahu #unknownfacts #faktaislam #tafakkur #sirahnabawiyah #hijrah #hijrahquote #sahabatsurga #sahabathijrah

0 Response to "Rusia Pun Pernah Bertekuk Lutut"

Post a Comment