-->

BEBAN NEGARA


Di dalam keuangan bisnis, kita mengenal dua macam pengeluaran; biaya dan beban.
.
Biaya adalah adalah pengeluaran yang berdampak langsung pada proses bisnis dan pendapatan. Seperti pembelian bahan baku, dll.
.
Sedangkan beban adalah pengeluaran yang tidak berdampak langsung pada pendapatan seperti penyusutan nilai aset.
.
Kita tidak pernah menyebut profit yang dinikmati si empunya bisnis sebagai biaya apa lagi beban.
.
Sangat absurd jika kita memasukkan profit sebagai beban perusahaan. Karena justru profit itulah paradigma bisnis bagi si owner.
.
Bagaimana dengan negara? Apa yang disebut sebagai beban negara? Subsidi bbm? Guru honorer? Pensiunan?
.
Semua berawal dari paradigma negara yang dibangun. Jika paradigmanya bahwa negara ini milik rakyat, maka segala keuntungan yang dinikmati rakyat tidak akan disebut beban negara.
.
Namun jika subsidi untuk rakyat disebut beban, guru honorer disebut beban, pensiunan disebut beban, maka itu adalah indikator paradigma negara yang bersangkutan.
.
Jika keuntungan yang dinikmati rakyat disebut sebagai beban, maka paradigma negara itu memang bukan menjadikan rakyat sebagai pemilik negara, tetapi sekedar elemen tak penting yang membebani negara.
.
Itulah yang terjadi dalam negara kapitalis. Rakyat adalah beban, sedangkan keuntungan bagi penguasa dan pengusaha adalah paradigmanya.
.
Hal itu berkebalikan dengan paradigma negara Islam. Di dalam Islam, fungsi negara memang menjadi pelayan kebutuhan ummat.

@doniriw
.
#bebannegara #doniriw

0 Response to "BEBAN NEGARA"

Post a Comment